Translate

Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 01 November 2012

I. DOA-DOA PENYEMBUHAN LUKA BATIN


“Berbagialah kamu, jika karena Anak Manusia orang membenci kamu, dan jika mereka mengucilkan kamu, dan mencela kamu serta menolak kamu sebagai sesuatu yang jahat”
 (Luk. 6:22)


1
DOA SAAT DIKHIANATI PASANGAN HIDUP

“Bahkan mereka membunuh orang-orang yang lebih dahulu memberitakan tentang kedatangan Orang Benar, yang sekarang telah kamu khianati dan kamu bunuh”
(Kis. 7:52)



Ya Allah Maha pengampun, Engkau tahu bahwa saat ini aku mengalami kepahitan hidup, luka batinku begitu parah karena aku dikhianati oleh orang yang aku sayangi dan aku cintai. Sekarang ini dia lari ke lain hati. Rasanya aku ingin membalasnya, tetapi aku sadar hal itu tidak baik. Aku tidak ingin membalas dendam atas apa yang ia telah perbuat atas diriku.
Ya Tuhan Maha Cinta, sadarkanlah dia untuk bertobat dan tahu apa yang diperbuatnya itu salah. Tuntunlah dia untuk kembali dalam pelukan keluarga ini ya Tuhan karena kami sangat mencintai dia. Aku tidak mau rumah tangga kami menjadi bahan pembicaraan orang. Semoga dia selalu ingat akan janji-janji perkawinan yang pernah kami ucapkan bersama di hadapan-Mu.
Ampunilah dia ya Tuhan, sadarkanlah dia. Hamba-Mu yakin, Engkau mempunyai banyak jalan dan cara untuk mengembalikan dia ke tengah keluarga ini. Dari pihakku sendiri, bantulah aku untuk mengampuni pasangan hidupku ini dan sembuhkanlah luka batinku karena peristiwa ini. Aku akan berusaha untuk lebih mencintai dia, meski hal ini tidak mudah. Namun aku percaya, dengan kekuatan yang Engkau anugerahkan kepadaku, aku akan mampu mencintainya kembali, bahkan secara lebih.
Ya Allah, aku sangat mencintai anak-anakku dan memikirkan masa depan mereka. Aku tidak ingin masa depan mereka hancur karena perbuatan kami, orangtua mereka. Berkatilah dan lindungilah hati dan pikiran mereka, agar mereka mampu menerima dengan bijaksana apa yang sedang kami alami. Amin!
Aku Percaya...
Bapa Kami...1x Salam Maria... 3x Kemuliaan...
Catatan: Dapat dilanjutkan dengan mendoakan doa Novena Tiga Kali Salam Maria (No. 59) atau Novena Bersama St. Yusuf (No. 69), mohon rahmat kesetiaan dan kerukunan dalam keluarga.


2
DOA SAAT HATI DIKHIANATI SANG KEKASIH

“Seperti bunga bakung di antara duri-duri, demikianlah manisku di antara gadis-gadis. Seperti pohon apel di antara pohon-pohon di hutan, demikianlah kekasihku di antara teruna-teruna”
(Kidung Agung 2:2-3)



Tuhan Yang Maha Pengasih, aku bersyukur kepada-Mu karena Engkau memberi kesempatan untuk mengenalkan seorang kekasih kepadaku. Namun ya Tuhan sekarang ini dia telah berpaling ke lain hati. Ia mencari yang lain, bukan diriku. Hatiku terasa sakit ya Tuhan karena perlakuannya. Apakah aku mesti mencari yang lain juga? Hatiku terus berkecamuk ya Tuhan untuk melakukan yang sama seperti dia.
Sudah lama kami merajut cinta, bahkan kami sudah merencanakan segala sesuatu sampai pada jenjang perkawinan. Namun kini hanya tinggal harapan saja. Aku bersyukur ya Tuhan karena aku sudah mengenal siapa dia dalam hidupku selama ini. Sekarang aku tahu ya Tuhan bahwa jodoh itu ada dalam kuasa tangan-Mu. Dari pihakku, aku hanya dapat berusaha menemukan pasangan hidupku. Mungkin dia memang bukan jodohku. Oleh karena itu ya Tuhan, aku tetap  bersyukur kepada-Mu atas pengalaman yang sangat berharga ini.
Ya Tuhan, bantulah aku untuk merelakan kepergiannya dari hidupku, sebab mungkin itu yang terbaik bagi hidupnya dan hidupku. Semoga cinta-Mu kepadaku dapat menyembuhkan luka batinku ini. Sehingga aku tidak terlalu lama menderita seperti ini ya Tuhan. Semoga Engkau mengirimkan orang yang terbaik dan mencintai diriku dengan sepenuh hati, sebab aku percaya bahwa segala sesuatu akan indah pada waktunya. Hanya Engkaulah sumber kekuatan cintaku kini dan sepanjang masa. Amin
Bapa Kami...1x Salam Maria... 3x Kemuliaan...

3
DOA SAAT DIHINA KARENA KEMISKINAN

“Sebagai orang berdukacita, namun senantiasa bersukacita, sebagai orang miskin, namun memperkaya banyak orang; sebagai orang tak bermilik, sekalipun kami memiliki segala sesuatu”
(II Kor 6:10)

Allah pencipta langit dan bumi, dunia dan segala isinya adalah milik-Mu semata. Semua itu Dikau berikan kepada manusia untuk digunakan sebaik mungkin. Engkau juga menganugerahkan kepada manusia kekayaan yang berbeda bagi setiap orang. Semua itu adalah kehendak-Mu sendiri.
Di dunia ini ada yang kaya ada yang miskin. Orang yang bekerja keras akan memperoleh apa yang mereka inginkan. Orang yang malas bekerja tentu tidak mendapatkan apa-apa dari dunia ini. Hamba-Mu percaya, ya Tuhan, bahwa Engkau adalah Allah yang Maha Adil bagi dunia dan manusia. Kini hamba-Mu dihina dan diolok oleh banyak orang karena kemiskinan. Mereka memandang harta kekayaan adalah ukuran untuk memandang seseorang berharga atau tidak di mata dunia. Mereka mengina orang yang miskin, seperti hamba-Mu ini.
Aku percaya ya Tuhan, bahwa harta di dunia ini hanyalah sarana untuk menjalani hidup, berbagi kasih dengan sesama dan sarana untuk memuliakan nama-Mu. Kekayaan tidak akan dibawa ketika manusia mati. Sadarkanlah mereka ya Tuhan, agar mereka dapat menjadikan harta duniawi sebagai sarana, bukan tujuan dan dapat menghargai orang lain bukan karena harta.
Ya Tuhan, semoga situasi kemiskinan ini semakin mendewasakan imanku akan rencana dan kehendak-Mu. Dari pihakku, aku akan tetap berusaha untuk keluar dari situasi ini dengan lebih giat bekerja, berusaha dengan sepenuh hati, jujur dan ikhlas. Amin.
Bapa Kami...1x Salam Maria... 3x Kemuliaan...
Catatan: Dapat dilanjutkan dengan mendoakan doa Novena St. Theresia dari Kanak-kanak Yesus (No 73), mohon kerendahan hati, ketabahan dalam penderitaan dan jalan keluar dari kesulitan hidup.


4
DOA SAAT DIHINA KARENA
TUBUH KURANG IDEAL
“Jadi karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamu pun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, - karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa”
(I Ptr 4:1)

Bapa pencipta langit dan bumi, Engkau menciptakan alam semesta ini baik adanya. Manusia Engkau ciptakan secitra dengan-Mu, berbeda dengan ciptaan lainnya. Bahkan manusia Engkau beri kuasa atas ikan-ikan di laut, burung-burung di udara dan segala binatang yang merayap di bumi. Aku memuji dan memuliakan nama-Mu ya Tuhan atas anugerah yang agung dan mulia ini. Semoga aku dapat menjadi rekan kerja-Mu untuk memelihara kehidupan di muka bumi ini.
Ya Tuhan, dalam perkembangan dunia jaman ini, orang mengkategorikan manusia menurut aturan dan keinginan mereka. Hal yang menjadi kategori penilaian mereka terhadap seseorang adalah standar bisnis. Mereka tidak mudah menerima orang yang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan mereka. Mereka mempunyai patokan, terutama bila seseorang ingin bekerja atau masuk dalam kelompok mereka. Hamba-Mu ini sering diejek dan ditolak karena keadaan fisikku yang tidak sesuai dengan harapan mereka. Tubuhku tidak ideal bagi kategori mereka.
Ya Tuhan, begitu sakit hatiku ketika mereka menolak kehadiranku hanya karena keadaan tubuhku. Aku sadar bahwa tubuhku memang kurang ideal menurut penilaian dunia: cantik, cakep, kulitnya putih, gagah dan lain sebagainya. Namun ya Tuhan, apakah gunanya jika manusia sempurna tetapi tidak berguna bagi sesamanya? Aku yakin, diriku memiliki kemampuan yang lebih, meski secara fisik aku terbatas. Tuhan, kuatkanlah aku untuk terus melangkah dan tidak putus asa meski sering dihina dan dipandang sebelah mata. Dengan kuasa kasih-Mu, aku yakin bahwa aku dapat berkarya untuk melayani Engkau dan sesama. Amin.
Bapa Kami...1x Salam Maria... 3x Kemuliaan...
Catatan: Dapat dilanjutkan dengan mendoakan doa bersama St. Rafael (No. 57), mohon berkat dan pendampingan dari malaikat penyembuh, pelindung dan penuntun perjalanan hidup manusia.


5
DOA SAAT DISINGKIRKAN DARI
TEMPAT KERJA
“Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat”
(Mat. 5:11)

Syukur dan terima kasih ya Bapa karena Engkau memberikan pekerjaan kepadaku. Namun ya Tuhan, di tempat kerjaku, ada orang-orang menjauhi diriku tanpa sebab yang jelas. Mereka sengaja menempatkan aku pada posisi yang tidak sesuai dengan keahlianku. Hati ini sebenarnya sakit dan mau memberontak. Namun aku mencoba untuk tetap bersabar.
Ya Bapa, bukalah mata hati pemimpin dan teman-teman kerjaku. Luluhkanlah hati mereka agar mampu melihat kebenaran secara objektif. Sehingga kami dapat bekerjasama dengan baik. Dari pihakku, kuatkanlah aku untuk menghadapi tantangan ini, sehingga aku tidak menyerah. Sebaliknya aku dapat menjadi garam dan terang di lingkungan kerjaku.
Akhirnya, aku persembahkan seluruh hidup dan karyaku untuk kemuliaan nama-Mu. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.
Bapa Kami...1x Salam Maria... 3x Kemuliaan...



6
DOA SAAT DISAKITI ANAK SENDIRI
“Kasih itu sabar, kasih itu murah hati; ...”
(1 Kor 13;4a)

Ya Allah, Engkau mempersatukan aku dengan pasangan hidupku dalam sakramen perkawinan. Kini aku menjadi orang tua bagi anak-anakku sendiri. Namun ya Tuhan, mengapa selamai ini anak-anakku tidak menuruti nasihatku? Apakah yang salah dengan nasihatku? Mereka berpikir bahwa nasihan orang tua tidak berguna bagi jaman sekarang. Dunia sekarang penuh dengan kemajuan dan anak harus mandiri. Apakah hal itu benar ya Tuhan? Anak-anakku sudah berani melawanku. Padahal aku sudah menasihati mereka dengan sabda-Mu, namun mereka tetap melawan. Ampunilah anak-anakku ya Tuhan, semoga mereka sadar akan apa yang mereka perbuat. Jujur ya Tuhan, aku tidak mau menelantarkan anak-anakku sendiri. Aku mau supaya mereka semakin pada-Mu.
Ajari aku ya Tuhan untuk mengampuni mereka seperti Engkau sendiri mengampuni diriku ini. Engkau begitu sangat mencintai orang yang sangat membenci Engkau. Ajari aku ya Tuhan untuk belajar daripada-Mu. Sambil belajar mengerti, kasih sayangku tidak berkurang sedikit pun.
Dengan pertolongan-Mu ya Tuhan, sembuhkanlah luka batinku ini. Aku akan membuang semua rasa benci dan dendam kepada anak-anakku sendiri. Semoga mereka kelak mengerti apa yang mereka perbuat terhadap orang tua mereka. Bantulah aku selalu ya Tuhan. Amin.
Bapa Kami...1x Salam Maria... 3x Kemuliaan...
Catatan: Dapat dilanjutkan dengan mendoakan doa Novena bersama St. Anna (No. 72), mohon kerukunan dalam keluarga.


7
DOA PENYEMBUHAN KARENA KURANG MENDAPAT KASIH SAYANG ORANG TUA
“Dengarkanlah ayahmu yang memperanakkan engkau, dan janganlah ibumu kalau ia sudah tua... Biarlah ayah dan ibumu bersukacita, biarlah beria-ria dia yang melahirkan engkau”
(Amsal 23:22-25)

Allah penuh kasih dan cinta, Engkau begitu mencintai manusia meskipun manusia berbuat dosa. Engkau tidak pernah memandang siapa manusia itu, entah kekurangan dan kelebihannya. Engkau menerima manusia apa adanya. Manusia sungguh merasakan kebaikan-Mu itu. Akan tetapi ya Tuhan, hal itu tidak kurasakan dalam kehidupanku. Aku terlahir dari kedua orangtuaku sendiri. Namun aku kurang mendapat perhatian dan kasih sayang dari mereka. Mereka sibuk dengan kerja, bisnis dan relasi lainnya sehingga lupa dengan anak mereka sendiri. Terkadang aku bertanya ya Tuhan, apakah mereka mencintai aku atau tidak? Hati ini terus menjerit dan menangis. Waktu untuk orang lain selalu ada, tetapi waktu dan perhatian untuk diriku tidak ada sama sekali. Apakah ada salah yang aku buat sehingga mereka tidak memperhatikan aku?
Ya Bapa, aku merasa hatiku terluka karena perlakuan orang tuaku sendiri. Meskipun begitu ya Tuhan, aku tidak marah dengan mereka, aku tidak dendam dengan perlakuan mereka. Aku percaya bahwa jauh di dalam lubuh hati mereka, mereka tetap mencintai aku sebagai anak mereka. Sadarkanlah mereka akan kewajiban akan kewajiban utamanya untuk memperhatikan anak-anak mereka. Sentuhlah hati dan pikiran mereka dengan Roh Kudus-Mu sendiri. Aku percaya suatu saat mereka akan sadar.
Bapa Kami...1x Salam Maria... 3x Kemuliaan...
Catatan: Dapat dilanjutkan dengan mendoakan doa kepada Hati Kudus Yesus (No. 47), mohon  berkat dan perlindungan bagi anggota keluarga, khususnya kedua orang tua.


8
DOA SAAT DIKHIANATI TEMAN KERJA/USAHA
“... yang mendapat malu ialah mereka yang berbuat khianat dengan tidak ada alasannya”
(Mazmur 25:3)

Allah penguasa hidup manusia, Engkau mempercayakan alam semesta ini kepada manusia untuk mengolahnya. Aku pun selalu berusaha untuk berbagi dengan sesama dalam usahaku untuk bekerja. Namun ya Tuhan, harta yang Engkau titipkan itu telah disalahgunakan oleh teman kerja dan usahaku. Dalam sekejap mata ia melarikan modal yang dia pinjam dariku. Tidak tahu ke mana dia pergi. Dia telah mengingkari kesepakatan bersama. Atas perlakuannya itu ya Tuhan, hatiku terluka. Ijinkan aku ya Tuhan untuk membawa luka batinku ini kepada-Mu. Akan aku ikhlaskan semua modal yang dibawa oleh temanku itu.
Aku percaya, Engkau akan menopang aku untuk bangkit kembali, sehingga aku bisa kembali memberikan pertolongan kepada mereka yang membutuhkan pekerjaan. Amin.
Bapa Kami...1x Salam Maria... 3x Kemuliaan...
Catatan: Dapat dilanjutkan dengan mendoakan doa Novena Bersama St. Yusuf (No. 69), mohon rahmat dalam pekerjaan, ketabahan dan kebijaksanaan dalam usaha.



9
DOA SAAT DIFITNAH
“Baiklah setiap orang berjaga-jaga terhadap temannya, dan janganlah percaya kepada saudara mana pun, sebab setiap saudara adalah penipu ulung, dan setiap teman berjalan kian ke mari sebagai pemfitnah”
(Yer 9:4)

Tuhan, Engkau sungguh Maha Adil bagi manusia. Aku datang kepada-Mu untuk membawa kepedihan hatiku. Ada orang menuduh aku melakukan tindakan yang tidak terpuji. Hal itu disampaikan kepada semua orang. Kini orang-orang di sekelilingku menghina aku karena fitnahan orang itu.
Ya Tuhan, Allah yang maha adil, tunjukkan kepada kami siapa yang benar, siapa yang salah. Jika aku salah, aku akan mengakui kesalahanku. Sadarkanlah orang yang menyebar fitnah itu ya Tuhan sehingga ia bertobat. Ajari aku untuk mengampuni orang yang memfitnah aku seperti Engkau sendiri mengampuni aku. Sebab hanya dengan pengampunan, batinku bisa sembuh kembali. Aku juga percaya dengan rahmat-Mu nama baikku akan tetap terjaga. Karena Engkaulah sumber kasih dan pengampunan untuk selama-lamanya. Amin.
Bapa Kami...1x Salam Maria... 3x Kemuliaan...

 
10
DOA MOHON KETENANGAN
BAGI HATI YANG GUNDAH
“Inilah yang hendak kuingat, sementara jiwaku gundah gulana; bagaimana aku berjalan maju dalam kepadatan manusia, mendahului mereka melangkah ke rumah Allah”
(Mazmur 42:5)

Ya Bapa yang baik, aku tidak tahu mengapa hatiku selalu gundah. Selama ini aku sudah mencari penyebabnya, namun aku tetap tidak menemukannya. Saat ini aku datang kepada-Mu Tuhan, berbelas kasihlah kepadaku untuk memulihkan siksaan yang menyebabkan keresahan dalam hatiku. Datanglah selalu dalam hidupku untuk memulihkan suasana batinku.
Ya Yesus, Engkau mengetahui keadaan batinku sekarang ini. Aku pasrahkan semuanya hanya kepada-Mu. Sembuhkanlah aku dari kenangan burukku, hingga apapun yang pernah terjadi padaku tidak akan membuatku merana dan menderita, maupun gundah gulana lagi. Bantulah aku juga untuk menatap masa depanku dengan penuh harapan dan tanpa dihantui ketakutan yang tidak beralasan. Amin.
Bapa Kami...1x Salam Maria... 3x Kemuliaan...
Catatan: Sebaiknya dilanjutkan dengan mendoakan Doa Pembawa Damai (No. 53) dan Jiwa Kristus (No. 54).





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar